Cerita Tentang Jokowi di Soal Ujian Nasional

Cerita singkat kehidupan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi muncul dalam soal ujian nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk sekolah menengah atas (SMA) dan madrasah aliyah (MA) di Brebes, Jawa Tengah.

Kisah tentang calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang akrab disapa Jokowi itu muncul sebagai soal cerita untuk menjawab pertanyaan nomor 15 dan 16. Di situ diterangkan bahwa Jokowi lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961 dan alumnus Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Kemudian digambarkan pula bahwa Jokowi merupakan sosok yang jujur, bersih dari korupsi, pekerja keras, dan dikenal dengan gaya blusukannya. Mantan Wali Kota Solo ini pun disebut telah meraih penghargaan sebagai tokoh terbaik berkat pengabdiannya di masyarakat. Tapi muncul pula paparan bahwa Gubernur Jokowi menghadapi kendala dalam menangani upah minimum di Jakarta, sampai memanggil kembali perwakilannya saat sidang berlangsung.

Berdasarkan soal cerita tersebut muncullah pertanyaan nomor 15, yaitu: Keteladanan Jokowi pada kutipan wacana tersebut adalah…, sedangkan untuk nomor 16, pertanyaannya: Masalah yang dihadapi tokoh Joko Widodo berdasarkan paragraf tersebut adalah…

Penggalan soal itu beredar di Twitter berupa foto. Kontan bermunculan komentar dari pengguna Twitter. Mereka menganggap soal UN itu terkait dengan kampanye Jokowi sebagai calon presiden. “Kampanye Jokowi di soal Ujian Nasional? beneran ga nih,” cuit @DrGanisIrawan pada Senin, 14 April 2014
“Salahin FOKE!!” @Moh_Aditya_W: Ujian nasional ada pertanyaan soal tentang Jokowi, mau nyalahin petinggi PDIP atau menteri pendidikan?”, cuit @Tania_damayanti. Adapula “#Jokowi kampanye lewat soal Ujian Nasional > memalukan!,” cuit @Akununic.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *