Tips Lolos Dapat Beasiswa Sekolah ke Luar Negeri

1

Menembus seleksi program beasiswa bukanlah perkara mudah. Nyatanya, prestasi akademis tidak menjadi jaminan bisa lolos. Ada penilaian lain yang dicari oleh pihak sponsor dalam mencari kandidat.

Nah, kalau sudah begitu, calon peserta jelas butuh trik serta intrik khusus agar memenuhi kriteria. Lantas, apa sebenarnya jurus jitu supaya sukses menembus beasiswa, khususnya ke luar negeri?

Saat ini, beberapa kampus di Selandia Baru sedang gencar menawarkan beasiswa. Victoria University of Wellington, misalnya, menyediakan kesempatan menarik bagi lulusan SMA untuk melanjutkan pendidikan studi ke jenjang S1.

Direktur Hubungan Internasional Victoria University of Wellington, Julia Jones, menyatakan, pihaknya memberi kesempatan bagi lima warga negara Indonesia (WNI) jebolan sekolah menengah supaya bisa mencicipi pendidikan tinggi di Negeri Kiwi. Tentunya, para kandidat harus telah lolos kriteria yang ditentukan.

“Beasiswa¬†yang kami tawarkan menanggung seluruh biaya kuliah. Proses perkuliahan bakal dimulai pada 2016 mendatang,” terangnya kepada Tribun Jateng, Senin (21/9).

Julia menambahkan, terkait persyaratan dan ketentuan calon peraih beasiswa, bisa melihat dilihat di laman www.fis.org.nz atau melalui email di alamat ip-team@vuw.ac.nz. Pesan elektronik tersebut langsung dikelola oleh program internasional Victoria University of Wellington di Selandia Baru.

“Pendaftaran beasiswa akan ditutup pada 31 Oktober 2015. Oleh karena itu, saya berharap, para WNI lulusan SMA segera mendaftar dan melengkapi persyaratan,” ajaknya.

Tak hanya Victoria University of Wellington, Universitas Lincoln di Selandia Baru juga membuka kesempatan bagi WNI untuk meraih beasiswa internasional lewat program Global Challenges. Siapapun berkesempatan meraih gelar sarjana internasional pada tahun ajaran 2016.

Marketing and Strategic Relations Manager Education New Zealand, Karmela Christy, mengatakan, beasiswa sebesar Rp 54 juta per siswa akan diberikan kepada mereka yang tertarik dengan isu perubahan iklim, kebutuhan pangan, dan sumber daya alam.

“Pendaftaran program Global Challenges akan ditutup pada 1 Oktober 2015. Informasi lebih lanjut bisa kunjungi laman www.lincoln.ac.nz/globalchallenges dan www.lugeneration.co.nz,” paparnya, baru-baru ini.

Tips lolos seleksi

Mengenai tips dan trik supaya pendaftar bisa lolos tes dan meraih beasiswa kuliah di Selandia Baru, khususnya New Zealand Asia Scholarship, Education New Zealand Market Development Manager Indonesia, Yenny Chen, mencoba berbagi sejumlah cara. Menurutnya, langkah pertama yang harus ditempuh adalah mencari kampus.

“Ajukan aplikasi atau proposal riset kepada kampus tujuan. Tidak perlu mencari dosen pembimbing, tapi ada bagian yang mencari sesuai judul penelitian. Kalau sudah ketemu dan syarat cocok, kirimkan surat berisi penerimaan, lalu ajukan permohonan beasiswa,” tuturnya.

Jika terlebih dahulu diterima di universitas di Selandia Baru, lanjut Yenny, bisa menjadi nilai tambah bagi calon penerima beasiswa di hadapan sponsor. Sebab, hal itu menunjukkan kredibilitas.

Dan proses selanjutnya, tunjukkan jiwa kepemimpinan saat wawancara. Sebab, langkah tersebut berperan paling penting dalam kelulusan seleksi, mengalahkan prestasi akademis yang dimiliki calon kandidat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *